Baru Mau Kuliah? Pikirkan Ini Supaya Nggak Salah Jurusan

Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Tentu saja setiap orang jika diberikan kesempatan pasti ingin sekali memiliki pengalaman pendidikan di perguruan tinggi, apalagi di universitas ternama. Namun apa jadinya ketika banyak mahasiswa yang justru merasa salah jurusan? Kuliah jadi males, menyesal, bingung mau lanjut atau keluar, niat kuliah jadi nggak seratus persen atau keluhan – keluhan lainnya akibat seorang mahasiswa yang merasa salah jurusan. Inilah mengapa persiapan secara moril juga penting selain persiapan materiil. Pelajar jaman milenial, sebaiknya pelajari dan renungkan beberapa hal-hal berikut ini agar Kamu nggak merasa salah jurusan nantinya atau malah menyesal sudah ambil kuliah.

4 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Agar Nggak Salah Jurusan Kuliah

  1. Ketahui Minat dan Bakat dari Diri Kamu

Kamu sendirilah yang lebih tahu dan memahami apa yang Kamu suka, apa yang Kamu bisa dan apa yang membuatmu semangat belajar. Kuliah bukan ajang pamer saja karena bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang bergengsi. Kuliah adalah mengasah bakat agar lebih menguasai sehingga nantinya bisa mencetak profesional. Sehingga, Kamu perlu tahu apa minat dan bakatmu yang bisa Kamu kembangkan di perguruan tinggi. Misalnya bakat di olahraga, ya ambilah jurusan yang berkaitan misalnya pendidikan olahraga.

  1. Pikirkan Prospek dan Peluang Kerja dari Jurusan yang Diambil

Inilah yang sering menjadi kendala seorang mahasiswa yang mengambil jurusan anti-mainstream. Pasalnya, di Indonesia masih sangat kurang sekali dalam hal ketersediaan lapangan pekerjaan. Sehingga ketika Kamu memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah, pikirkan kembali bagaimana prospek jurusan tersebut kedepannya. Jangan sampai ketika Kamu menyukai dunia astronomi, namun ternyata kedepannya sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini yang menjadi salah satu alasan banyaknya sarjana yang nganggur karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di bidang yang sesuai.

  1. Pelajari Tentang Jurusan dan Universitas yang Akan Diambil

Tahukah kalian, passing grade suatu jurusan dan universitas yang bersangkutan menjadi salah satu pertimbangan suatu perusahaan untuk merekrut Kamu nantinya setelah lulus. Sehingga sebelum memutuskan ingin berkuliah dimana, cari tahu terlebih dahulu tentang kualitas jurusan dan universitas yang akan Kamu ambil. Passing grade ini juga bisa menjadi patokan seberapa besar jurusan tersebut diminati. Tentu saja semakin tinggi passing grade, semakin tinggi pula daya saingnya. Jangan sampai Kamu tidak tahu jika ternyata jurusan yang Kamu ambil memiliki passing grade rendah dengan akreditasi yang rendah juga.

  1. Hitung-Hitung Biaya Kuliah Hingga Lulus

Poin ini juga menjadi salah satu alasan mahasiswa merasa jika dirinya salah jurusan. Tidak hanya karena biaya kuliah per semester yang mahal saja, namun sebagian besar mahasiswa akan mengeluh jika ternyata jurusannya terlalu banyak praktikum yang menguras keuangan atau untuk kebutuhan lain. So, jangan sampai Kamu jadi menyesal mengambil jurusan yang Kamu pilih karena alasan ini. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum mendaftar kuliah cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan dan universitas yang Kamu ambil.

Setelah mempelajari dan memahami tips-tips diatas, terakhir Kamu perlu memantapkan niat dan komitmen untuk mengambil jurusan kuliah. Jangan lupa untuk mendiskusikan kepada kedua orang tua terkait jurusan yang akan diambil. Selebihnya, jika diterima di jurusan tersebut, tetap jagalah komitmen tersebut dan percaya bahwa suatu saat nanti Kamu akan jadi profesional di bidang yang Kamu ambil. So, be fighting!

sumber:

review pribadi